ZenPro

Beranda>

Syarat dan Ketentuan

Referral Terms
  1. Terima kasih telah mengunjungi Zenius, sebuah terobosan baru dalam proses pembelajaran dan pendidikan.

    Ketentuan penggunaan (“Ketentuan Penggunaan”) ini berlaku terhadap seluruh pengguna dan pengunjung situs “zenius.net” ( “Website Zenius”), aplikasi “Zenius”, maupun setiap fitur, konten dan produk yang disediakan oleh PT Zona Edukasi Nusantara (“PT Zona Edukasi Nusantara” atau “kami”) (untuk selanjutnya secara bersama-sama akan disebut sebagai “Platform”) (“Pengguna” atau “Anda”).

    Dengan menggunakan Platform, maka Anda telah setuju bahwa Anda telah membaca, memahami, menyetujui dan tunduk kepada Ketentuan Penggunaan ini dan Kebijakan Privasi kami.

    Bila Anda tidak setuju dengan Ketentuan Penggunaan ini, maka Anda tidak diperkenankan menggunakan Platform kami.

    Ketentuan Penggunaan ini dapat diubah, dimodifikasi, ditambah, atau diamandemen dari waktu ke waktu berdasarkan kebijakan kami. Kami akan memberitahukan kepada Anda mengenai setiap perubahan atau modifikasi yang dibuat terhadap Ketentuan Penggunaan melalui surat elektronik atau notifikasi aplikasi atau media lainnya. Keberlanjutan Anda menggunakan Layanan setelah tanggal Ketentuan Penggunaan yang diubah, dimodifikasi, ditambah atau diamandemen diberitahukan merupakan penerimaan Anda untuk terikat terhadap Ketentuan Penggunaan yang diubah, dimodifikasi, ditambah atau diamandemen.

  2. Dengan membuat akun di plaform kami:

    • Anda harus berusia minimal 18 (delapan belas) tahun, atau telah menikah dan tidak berada di bawah perwalian atau pengampuan (”Usia Dewasa”), yang berarti Anda secara hukum memiliki kapasitas dan berhak untuk mengikatkan diri pada Ketentuan Penggunaan ini.
    • Apabila Anda berada di bawah Usia Dewasa, maka tindakan Anda dalam mendaftar, mengakses, menggunakan dan melakukan aktivitas dalam Platform kami harus dalam sepengetahuan, pengawasan dan persetujuan yang sah dari orang tua, wali atau pengampu Anda, dan oleh karena itu, orang tua, wali atau pengampu Anda tersebut akan bertanggung jawab secara penuh atas setiap dan seluruh tindakan Anda dalam Platform kami.
    • Anda dapat melakukan pendaftaran akun Prakerja dan mengikuti seleksi setiap gelombang pada dashboard.prakerja.go.id

  1. Pembelian pelatihan ZenPro dapat dilakukan di platform digital terafiliasi (Tokopedia, Bukalapak, Karier.mu, Pintar). Pilih atau cari pelatihan ZenPro yang ingin diikuti. Sebelum melakukan check-out, pastikan detail pelatihan, seperti metode pelatihan (luring atau daring), tempat, dan jadwal pelatihan, sudah sesuai.

  2. Hingga saat ini, pelatihan Prakerja Skema Normal tersedia dalam dua format, yaitu luring ( full offline) dan daring ( full webinar). Pelatihan luring dengan format full offline adalah format pelatihan dimana seluruh materi disampaikan secara synchronous dan bertemu secara tatap muka dimana pengajar dan peserta hadir di dalam satu tempat dan waktu yang sama. Sedangkan dalam pelatihan daring dengan format full webinar, peserta pelatihan dan tenaga pelatih/pengajar melaksanakan kegiatan belajar mengajar pada waktu yang bersamaan secara online synchronous dengan metode live webinar.

  3. Voucher code adalah kode unik yang diberikan oleh ZenPro untuk mengakses pelatihan ZenPro. Voucher code berlaku baik untuk pelatihan luring maupun daring. Peserta akan mendapatkan voucher code setelah melakukan transaksi pelatihan di platform digital terafiliasi dan harus diinput ketika mengklaim pelatihan di website/aplikasi ZenPro.

  4. Kode redeem adalah kode unik yang diberikan oleh tim Kartu Prakerja kepada peserta untuk mengakses pelatihan daring ( online). Kode redeem akan muncul pada dashboard akun Kartu Prakerja peserta setelah melakukan transaksi pembelian pelatihan dan harus diinput ketika mengklaim pelatihan di website/aplikasi ZenPro.

  5. Untuk mengakses isi pelatihan—jadwal kelas, pretest, post-test, instruksi unjuk keterampilan, materi tambahan (jika ada)—, peserta harus melakukan redeem voucher code pada website atau aplikasi ZenPro.

  6. Untuk mengakses instruksi unjuk keterampilan, peserta harus menyelesaikan post-test dengan nilai minimal 60.

  7. Sertifikat akan muncul di akun ZenPro peserta setelah unjuk keterampilan dinilai tenaga pelatih dan nilai tersebut diunggah oleh tim operasional ke sistem ZenPro. Sertifikat pada dashboard akun Prakerja akan muncul 2-3 hari kerja setelah sertifikat pada akun ZenPro muncul.

  8. Nama yang tertera pada sertifikat adalah nama lengkap yang dimasukkan saat mengklaim pelatihan. Nama harus sesuai dengan nama lengkap yang terdaftar pada akun Kartu Prakerja (sesuai KTP), termasuk jika nama memiliki tanda baca (titik, tanda petik, dll).

  9. Saat ini, peserta belum bisa mengubah jadwal pelatihan. Oleh karena itu, pastikan jadwal pelatihan yang dipilih sesuai dan dapat dihadiri.

  1. Dashboard SIVA (Sistem Informasi Verifikasi Absensi) merupakan aplikasi untuk lembaga pelatihan melakukan pengecekan pelatihan yang sedang berlangsung sekaligus verifikasi pelatihan offline menggunakan.

  2. Akses dashboard SIVA hanya diberikan kepada Lembaga Pelatihan (LP) yang dalam hal ini adalah ZenPro. Peserta tidak perlu mengunduh atau login ke dashboard SIVA, karena proses absensi akan dilakukan oleh fasilitator di tempat pelatihan luring.

  3. Terdapat beberapa hal yang menyebabkan proses verifikasi QR tidak berhasil:

    1. Proses verifikasi QR hanya dapat dilakukan 1 jam sebelum dan sesudah pelatihan dimulai
    2. Peserta sudah berhasil melakukan redeem dan verifikasi sebelumnya
    3. QR code tidak sesuai
    4. Pelatihan tidak sesuai jadwal yang dipilih
    5. QR di- scan melewati batas waktu jadwal pelatihan
    6. Scan QR dilakukan lebih dari 2x
    7. Sistem sedang mengalami gangguan
    Apabila peserta sudah memastikan hal-hal di atas tidak terjadi tetapi proses verifikasi QR masih gagal, peserta dapat menghubungi tim Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja (MPPKP) melalui Layanan Contact Center Prakerja di nomor 08001503001 atau live chat dan form pengaduan yang tersedia di website https://www.prakerja.go.id/ (jam operasional Senin - Minggu pukul 08.00 - 20.00 WIB).

  4. Terdapat beberapa hal yang menyebabkan proses verifikasi wajah tidak berhasil:

    1. Proses verifikasi wajah hanya dapat dilakukan 1 jam sebelum dan sesudah pelatihan dimulai
    2. Foto bukan hasil kamera
    3. Peserta yang hadir tidak sesuai dengan foto wajah yang ada pada database Prakerja
    4. Sistem sedang mengalami gangguan
    Apabila peserta sudah memastikan hal-hal di atas tidak terjadi tetapi proses verifikasi QR masih gagal, peserta dapat menghubungi tim Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja (MPPKP) melalui Layanan Contact Center Prakerja di nomor 08001503001 atau live chat dan form pengaduan yang tersedia di website https://www.prakerja.go.id/ (jam operasional Senin - Minggu pukul 08.00 - 20.00 WIB).

  5. Detail lokasi dan jadwal pelatihan luring dapat dilihat pada deskripsi pelatihan yang akan dibeli. Detail pelatihan juga dapat dilihat pada dashboard Prakerja jika peserta sudah membeli pelatihan.

  1. Untuk mengakses isi pelatihan—jadwal kelas, pretest, post-test, instruksi unjuk keterampilan, materi tambahan (jika ada)—, peserta harus melakukan klaim voucher code pada website atau aplikasi ZenPro. Link live class dapat diakses dengan mengklik “Pergi ke Tautan” pada tab “Jadwal Pelatihan”

  2. Klaim pelatihan daring hanya dapat dilakukan mulai dari 1 jam sebelum hingga 1 jam setelah pelatihan dimulai. Jika sudah melakukan klaim pada waktu tersebut, pastikan redemption code dan kode voucher yang dimasukkan sudah sesuai dengan nama dan waktu pelatihan.

Masih ada pertanyaan? Hubungi Customer Service

Apakah ada yang masih belum jelas atau kamu memiliki pertanyaan lain terkait ZenPro seperti pendaftaran, voucher, promosi, dan hal lainnya atau kamu memiliki kritik dan saran yang ingin disampaikan kepada kami? Kamu bisa mengakses halaman FAQ atau langsung menghubungi layanan pelanggan Zenius via: